Rabu, 19 November 2008

Spontanitas PDIP dalam Membantu Warga Desa Sarakan

TIRTAJAYA - DPC PDIP Kabupaten Karawang mengirim bantuan logistik, selimut dan pengobatan pada korban banjir rob di Dusun Sarakan Desa Tambaksari, Selasa (18/11). Bantuan ini merupakan spontanitas dari DPC PDIP Karawang kali pertama sejak terjadi Rob minggu lalu di kampung pesisir pantai yang mengalami kondisi terparah pada tahun ini.
Ketua DPC PDIP, Karda Wiranata mengatakan, bantuan ini sifatnya berkelanjutan, maksudnya PDIP melalui tim Bantuan Bencana Alam (Baguna) akan mendata dan membantu daerah yang kena banjir Rob. "Kita sudah terbiasa menangani bencana banjir dengan tim sendiri PDIP yaitu Baguna. Baguna ini sudah bergerak dan bekerja optimal membantu korban. Kedatangan dihari pertama ini, merupakan bentuk kepeduliannya kami terhadap kampung yang kena air rob. Selanjutnya, kita akan siapkan secara matang bantuan-bantuan kepada warga yang sangat membutuhkan," ujarnya.
bantuan saat ini, lanjut Karda Wiranata, merupakan spotanitas kepedulian kami terhadap masyarakat Desa Sarakan.
Jika warga Sarakan membutuhkan perahu karet untuk evakuasi, tambah Karda Wiranata, PDIP akan menyediakannya dengan akan memfasiliatsinya untuk pengadaan perahu karet oleh pemkab.
Diakuinya, sekuat upaya PDIP akan terus membantu dan menyisir daerah bencana alam. Bantuan ini murni kemanusiaaan, tidak melulu untuk kepentingan Pemilu (Pemilihan umum). "Kita minta kepada pemerintah untuk merelokasi warga Sarakan, karena setelah melihat lokasi bencana di kampung itu, memang masyarakat tidak layak tinggal diam di lokasi berbahaya. Sudah tidak memungkinkan masyarakat untuk nyaman. Dan PDIP akan mendorong pada pemerintah untuk membantu warga Sarakan, Kita akan berupaya meminta pada Pemda Karawang untuk merelokasi sejumlah 44 kepala keluarga atau 220 jiwa usik di Kampung Sarakan ini," jelasnya.

Hal yang sama diutarakan Wakil Ketua DPC PDIP Karawang, H. Tono Bahtiar, setelah melihat berita di media masa, Sekertaris DPP PDIP Pusat, Ir. Pramono Anung sempat mengintruksikan pada Ketua DPC PDIP Karawang untuk membantu daerah yang kena musibah. Itu langsung dibuktikan dengan turunnya DPC PDIP Karawang ke lokasi bencana alam. "Selain di Tirtajaya, kita pun akan membantu bencana serupa di pesisir pantai Karawang lainnya, karena musibah ini terjadi merata di pantai laut Jawa," ujarnya.
Dia juga mengajak kepada calon legislatif (caleg) dari PDIP untuk turun langsung membantu korban bencana banjir Rob. Termasuk caleg di wilayah Karawang, Purwakarta, Bekasi dan di Jawa Barat, supaya mereka berinterksi langsung dan dekat dengan masyarakat. Dan menurutnya, banjir Rob ini tidak pernah terjadi pada tahun-tahun sebelumnya "tidak hanya di Kecamatan ini saja kami akan menurunkan bantuan, sebab Sekitar 9 kecamatan yang ada di Kabupaten Karawang yang langsung berhadapan dengan laut, dan semuanya berpotensi mendapat musibah seperti Dusun Sarakan ini" pungkasnya. (aef)

Tidak ada komentar: