Senin, 17 November 2008

Kerja Bakti Antisipasi Banjir

RENGASDENGKLOK - Dengan mulai datangnya musim hujan, Masyarakat yang bermukim di pinggiran bantara irigasi sudah mulai gelisah dengan ancaman banjir yang biasanya datang disetiap musim penghujan. di Desa Kertasari tepatnya di Dusun Krajan A warganya sudah mulai memperbaiki saluran air (selokan, red) sebagai antisipasi meluapnya air dari saluran tersebut, pasalnya sekarang ini saluran tersebut mengalami pendangkalan. kepada Pasundan Ekspres, Selasa (4/11) kepala Desa Kertasari, Apud Mahpudin menjelaskan perihal kegiatan kerja bakti warganya dalam memperbaiki saluran air di dalam pemukiman warga "sekarang ini sedang digalakan kerja bakti dalam memperbaiki saluran-saluran air, yang gunannya untuk memperlancar ke area pertanian dan antisipasi datangnya musim hujan, sebab di Desa Kertasari ini tepatnya di Dusun Krajan A kerap kali terrendam air" terang Apud Mahpudin.
dikatakan Kades Kertasari, bahwa sejauh ini penanganan pencegahan meluapnya air menjelang datangnya musim hujan hanya dilakukan dengan kegiatan-kegiatan pembenahan saluran irigasi "dikarnakan saluran tersebut mengalami pendangkalan, hujan sedikit saja menyebabkan kubangan air yang tidak teralirkan. dan hanya perbaikan-perbaikan alakadarnya yang dilakukan warga melalui kerja bakti" ungkap Kades.
sama halnya dengan Desa Kertasari, Desa Dewisaripun mengalami hal yang serupa. seperti yang terjadi di Dusun Bengle, area pertanian tersebut ketika musim hujan terancam terrendam air. dikatakan Kades Dewisari, M Aning Anwar Arifin kepada Pasundan Ekspres, indikasi naiknya permukaan air di Dusun Bengle adalah karena saluran-saluran air dibendung oleh warga, pasalnya sebelum musim hujan warga yang merupakan para petani di Dusun Bengle ini membendung saluran air dengan maksud untuk mengalirkannya ka sawahnya, akan tetapi dengan datangnya hujan yang menaikan debit air membuat bendungan-bendungan yang tidak dibongkar warga menjadi penyebab datangnya banjir, maka dari itu sekarang ini dengan kembali datangnya musim hujan kami melakukan kerja bakti untuk mengantisipasi kembali terendamnya area pesawahan "penyebab banjir di Dusun Bengle ini karena saluran air dibendung bekas para petani mengalirkan air ke sawah, sekarang ini kami sudah melakukan kerja bakti dalam memperlancar saluran air tersebut. dan mudah-mudahan musim hujan kali ini tidak mengundang banjir lagi" pungkasnya. (aef)

Tidak ada komentar: